Lompat ke isi utama

Berita

Pastikan Keabsahan Persyaratan Bapaslon Bupati, Bawaslu Bolmong Turut Awasi Verfak

Tampak Suasan Koordinasi Antara Bawaslu Bolmong, KPU Bolmong, dan Pihak Kampus

Tampak Bawaslu Bolmong dan KPU Bolmong Yang Berkoordinasi Dengan Salah Satu Pihak Kampus

LOLAK,BAWASLUBOLMONG —  Bawaslu Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) lakukan pengawasan terhadap verifikasi faktual (verfak) berkas ijazah Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Kepala Daerah untuk Bolmong tahun 2024. Pengawasan ini dilakukan pada Senin (2/9/2024).

Koordinator Divisi (Koordiv) Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P3S) Bawaslu Bolmong, Neila Montolalu, Amd.S mengatakan bahwa verfak ini merupakan bagian yang krusial demi memastikan kebenaran dokumen yang disampaikan oleh masing-masing Bapaslon di aplikasi Silonkada.

“Bawaslu tidak hanya memeriksa dokumen yang dilampirkan, tetapi juga memastikan dokumen tersebut sah dan sesuai dengan data di lembaga pendidikan terkait,” ujar Neila.

Dikatakannya, Syarat pencalonan merupakan hal yang sangat sensitif. Jika terdapat ketidakcocokan atau ketidakabsahan, ini bisa menjadi persoalan besar. Oleh karena itu, Bawaslu Bolmong mengambil langkah tegas dengan melakukan pengawasan langsung ke ke Universitas yang mengeluarkan ijazah,” tambahnya

 “Kami sangat terbuka dalam memberikan informasi. Ini adalah bagian dari tanggung jawab kami untuk mendukung proses pemilihan yang bersih dan transparan,” kata Alumni Unima tersebut kepada Humas Bawaslu Bolmong.

Selanjutnya, Akim Mokoagow, S.IP selaku Koordiv Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (HP2H) sampaikan bahwa dalam melakukan pencocokan langsung dengan data yang ada di beberapa Universitas, dokumen tidak pernah di pidana, serta surat tidak sedang dinyatakan pailit oleh pengadilan niaga.

"Untuk hasil pengawasan ini tentu akan menunggu hasil dari Verfak dari KPU Bolmong sebagai penyelenggara pemilihan dan Bawaslu Bolmong sebagai pengawas yang turun langsung ke lokasi", imbuh Akim.

Ketua Bawaslu Bolmong Radikal Mokodompit, SE yang juga turut memberikan tanggapan kalau ini tidak hanya menguji dokumen, Bawaslu Bolmong juga memastikan keabsahan ijazah melalui keterangan dari salah seorang dosen atau pegawai yang pernah mengajarnya. 

"Keaslian dokumen yang di unggah di Silonkada akan di sikronkan dengan hasil yang di berikan secara hardcopy dan pernyataan dari instansi yang berwenang menerbitkan dokumen itu", pungkas Radikal.

Dengan verifikasi yang dilakukan, Bawaslu Bolmong berharap agar seluruh proses pencalonan berjalan lancar tanpa adanya hambatan terkait keabsahan dokumen. Beliau juga menekankan, Bawaslu Bolmong akan terus melakukan pengawasan yang melekat hingga seluruh proses pencalonan selesai. 

"Kami akan memastikan setiap tahapan dilalui dengan transparan dan sesuai aturan yang berlaku," tutupnya.

Tampak KPU dan Bawaslu Bolmong Saat Berkoordinasi dengan Pihak Kampus

Penulis : Humas Bawaslu Bolmong

Tag
Berita