Lompat ke isi utama

Berita

Pendaftaran PTPS Segera Dibuka, ini Jadwalnya!

Pengumuman

LOLAK,BAWASLUBOLMONG — Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) akan segera membuka pendaftaran Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk Pemilihan Serentak Tahun 2024.

Pendaftaran ini merupakan bagian dari upaya Bawaslu untuk memastikan pelaksanaan Pemilihan berjalan dengan jujur, adil, dan transparan di seluruh wilayah Kabupaten Bolmong.

Ketua Bawaslu Bolmong Radikal Mokodompit, SE, selaku Koordintaor Divisi SDMOD, dan Datin yang juga PIC perekrutan PTPS menyampaikan bahwa para pengawas TPS akan bertugas mengawasi proses pemungutan suara di masing-masing TPS, memastikan tidak ada pelanggaran, serta menjaga agar proses pemilihan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Pengawas TPS memiliki peran penting dalam memastikan suara masyarakat benar-benar dihitung secara akurat dan tidak ada kecurangan dalam proses pemungutan suara", tutur Radikal.

Pendaftaran akan dibuka secara resmi dalam waktu dekat dan Bawaslu Bolmong mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Bolmong yang memenuhi syarat untuk ikut serta dalam proses ini.

"Syarat utama untuk menjadi pengawas TPS di antaranya adalah Warga Negara Indonesia (WNI), berdomisili di Kecamatan setempat dibuktikan dengan KTP, berusia minimal 21 tahun pada saat mendaftar, serta tidak terlibat dalam partai politik atau kegiatan yang dapat menimbulkan konflik kepentingan dalam Pemilihan Kepala Daerah", imbuhnya.

Selanjutnya kata Radikal Informasi lengkap mengenai persyaratan dan cara pendaftaran akan diumumkan melalui situs resmi Bawaslu Kabupaten Bolmong dan Media Platform Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Bolmong serta berbagai saluran informasi yang tersedia.

"Masyarakat yang berminat diharapkan dapat segera mempersiapkan diri untuk berpartisipasi dalam pemilihan Serentak tahun 2024", pungkasnya.

Pemilihan Serentak 2024 merupakan momen penting bagi demokrasi di Indonesia, dan keterlibatan masyarakat dalam pengawasan Pemilihan Kepala Daerah menjadi salah satu kunci suksesnya pelaksanaan pesta demokrasi ini, tutup Radikal.

Berikut Jadwal Tahapan Pendaftaran PTPS:

Jadwal Tahapan Pendaftaran PTPS

Penulis : Humas Bawaslu Bolmong