Lompat ke isi utama

Berita

Sejumlah PKD Resmi Dilantik Siap Awasi Pilkada 2024.

LOLAK,BAWASLUBOLMONG — Bawaslu Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Fasilitasi Pelantikan  Pengawas Pemilihan Kelurahan/Desa (PKD) oleh Ketua Panwaslu Kecamatan se - Bolmong kepada 200 PKD dalam Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Hotel Sutanraja, Kotamobagu, Minggu, 2/6/2024.

\n

\n

Pelantikan yang seharusnya 202 PKD, yang terlantik hanya 200, sebab terdapat 2 Kecamatan yang tidak ada pendaftarnya, yakni Desa Inuai Kec. Passi Barat dan Desa Kolingangaan, Kec. Bilalang.

\n

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Bolmong, Radikal Mokodompit, SE, Akim E. Mokoagow, S.IP, Neila Montolalu, Amd.S Serta Kepala Sekretariat Wahyudi Rauf, S.Hut, dan jajaran staf teknis Bawaslu Bolmong.

\n

Pelantikan ditandai dengan pengambilan sumpah dan janji jabatan oleh masing-masing Ketua Panwaslu Kecamatan Se-Bolmong secara bergilir, yang kemudian diikuti oleh seluruh anggota PKD di tiap-tiap Kecamatan.

\n

Kegiatan berlangsung dengan lancar dan penuh semangat dari para peserta yang akan mengemban tugas, wewenang dan kewajiban dalam mengawal jalannya Pemilihan Serentak Tahun 2024.

\n

Mewakili PJ. Bupati Bolmong, Asisten 1 Bapak Deker Rompas beri sambutan bahwa PKD harus senantiasa mempertahankan keberhasilan tugas pengawasannya yang telah dijalankan di Pemilu kemarin, apalagi dalam menyambut tahapan Pemilihan yang memiliki tantangan yang berat.

\n

Menjadi pengawas pemilu, menurutnya, memiliki konsekuensi besar sehingga para pengawas harus mampu bekerja secara maksimal dan memperhatikan tugas utama dalam pengawasan.

\n

“Memaksimalkan Soliditas, menjaga Integritas, menguatkan Mentalitas dan memegang teguh Profesionalitas dalam melaksanakan pengawasan di Pemilihan Tahun 2024 ini.”

\n

Deker juga mengungkapkan pentingnya sinergitas dan kolaborasi dalam menjalankan tugas pengawasan. “Kolaborasi dengan pemerintah, baik di tingkat kecamatan hingga kelurahan adalah hal yang sangat penting untuk dimaksimalkan.

\n

Selain itu, sinergi dan kolaborasi dengan seluruh stakeholder menjadi ruang untuk membangun pengawasan partisipatif di tengah masyarakat. "Tetap jaga amanah dan tanggung jawab yang telah diamanahkan setelah pelaksanaan pelantikan hari ini", tutur Deker.

\n

Ia juga menekankan pentingnya menjaga  koordinasi yang menjadi langkah konkret untuk mengoptimalkan pengawasan, sebab pengawasan tidak hanya menjadi tugas penyelenggara saja, melainkan masyarakat juga berperan untuk ikut andil dalam melaksanakan hak ini.

\n

Ketua Bawaslu Bolmong, Radikal Mokodompit, SE, menyampaikan pesan juga kepada PKD yang telah dilantik bahwa dinamika pelaksanaan pengawasan di Pemilu kemarin adalah pembelajaran. Hal-hal yang telah maksimal perlu dikuatkan, dan hal-hal yang masih kurang menjadi evaluasi bersama agar lebih bisa dioptimalkan.

\n

“Pemilu telah memberikan kita pembelajaran yang berharga dalam pelaksanaan pengawasan kemarin. Optimalisasi pengawasan adalah kunci, apalagi Bolmong cukup banyak jumlah pemilihnya, pungkasnya.

\n

Untuk itu, tambah dia, kita mesti mengawal hak pilih masyarakat dan memaksimalkan pengawasan dalam setiap tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2024 ini.

\n

Dengan pelantikan ini, diharapkan para pengawas pemilu se - Bolmong mampu menjalankan tugas mereka dengan baik dan membantu menciptakan pemilihan yang berkualitas dan bermartabat demi terwujudnya pelaksanaan yang Luber Jurdil, imbuhnya.

\n

"Setelah pelantikan akan dilanjutkan dengan pembekalan untuk memberikan wawasan soal tugas pokok dan fungsi PKD dalam mengemban tugas tentunya", tutupnya.

\n

Sekadar informasi, hadir sebagai tamu undangan pelantikan PKD adalah camat dari 15 Kecamatan Se - Bolmong, Kapolsek dan Koramil, serta Pimpinan KPU Kab. Bolmong dan sebagai narasumber pembekalan PKD adalah dr. Fikri Suadu (Pemantau Pemilu) dan Jerry Mokoolang, SH (Anggota Bawaslu Bolmong Periode 2018-2023).

\n

\n

Penulis : Humas Bawaslu

\n&nbsp